Usaha Rumahan

Dari hari ke hari rasanya kebutuhan hidup selalu meningkat, seiring perkembangan gaya hidup, juga harga-harga barang yang  semakin meningkat.

Namun sayangnya gaji sebagai karyawan tidak juga naik mengikuti trend yang ada.

Lama kelamaan rasanya gaji kita makin berkurang saja, karena harga barang sudah jauh melambung tinggi.

Summer Beach Holiday Online Shopping Concept; Shutterstock ID 461355724; PO: Digital Guide

Bagi sebagian orang untuk menyiasati masalah ini, mereka mulai memikirkan tentang membangun usaha sampingan.

Karena dengan memiliki usaha sampingan kita tetap bekerja seperti biasa di perusahaan sebelumnya tetapi setelah usai waktu kerja kita bisa mengelola usaha sampingan tersebut.

Dan jangan salah jika kita serius mengelolanya, bisa-bisa pemasukan dari usaha sampingan kita melebihi gaji kita sebagai karyawan.

Dan pada saat itulah kita sudah memiliki pilihan apakah kita tetap bekerja mengikuti perintah atasan sebagai karyawan (bawahan), atau fokus pada usaha kita sendiri yang membuat kita menjadi bos bagi usaha kita sendiri.

Memiliki usaha sampingan tidaklah mustahil, jangan dulu berpikir kita harus sewa kantor sendiri, menggaji beberapa karyawan dan membeli seperangkat properti untuk menjalankannya. Cukup mengerjakan sendiri dari rumah kita sendiri usaha sampingan sudah bisa kita jalankan.

Selain modal teknis / keahlian modal mindset berbisnis yang benar juga mental tahan banting juga sangat dibutuhkan untuk kelangsungan dan kesuksesan usaha sampingan kita. Ada beberapa hal yang bisa menjadi panduan kita dalam memulai usaha sampingan dari rumah.

1.  Mental Pembelajar.

Anda bisa saja ahli dalam suatu bidang misalnya Anda seorang arsitektur yang oke, design grafis yang hAndal atau apapun keahlian Anda, tetapi Anda tidak tahu mengelola keuangan, pembukuan, perpajakan, marketing, dll. Anda bisa saja membayar orang untuk itu, tapi paling tidak  Anda harus mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa bergabung dengan komunitas pemilik usaha rumahan lainnya,  disini Anda bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola berbagai hal dalam bidang bisnis ini.

2. Bertindak Profesional.

Anda harus memastikan bahwa tempat kerja Anda adalah tempat yang profesional untuk dikunjungi, karena banyak usaha rumahan dalam beberapa hal memerlukan  kedatangan klien ke rumah Anda. Untuk menanam kepercayaan mereka Anda harus membuat kesan yang baik ketika Anda mengundang orang ke rumah (kantor ) Anda.

3. Time Management.

Jika sudah memiliki usaha sampingan, bisa saja Anda bekerja baru bangun sambil minum kopi namun belum mandi dan gosok gigi, masih pakai sarung atau celana pendek, tapi ingat, Anda tidak lagi memiliki seorang atasan yang menegur dan menanyakan hasil kerja Anda tapi ini adalah tanggung jawab Anda.

Coba buat jadwal kerja dan coba menaatinya. Ingat, meskipun Anda berada di rumah Anda, Anda menjalankan bisnis dan Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan usaha rumahan Anda. Jaga ruang kerja Anda terpisah dari rumah Anda dan memperlakukannya sebagai kantor.

Hindari melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah walapun Anda ada di rumah, ingat ini adalah kantor Anda. Katakan sama keluarga Anda bahwa Anda bekerja dan tidak bisa diganggu layaknya Anda bekerja dengan orang lain.

4. Hindari Mental Perfeksionis

Dalam memulai usaha rumahan, ada banyak alat-alat pendukung yang harus dibeli, seperti komputer, printer, mesin fotokopi, mesin fax, rak file, meja, kursi dan sebagainya.

Dan kalau semua dipenuhi, tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit bukan?

Cobalah untuk memilah-milah, kalau memang ada yang bisa dimanfaatkan dari apa yang Anda miliki, manfaatkan dulu, yang penting cukup bagus dan bisa dipakai, hindari pembelian barang yang serba baru, serba wah, ingat bahwa Anda belum memiliki klien, dan belum ada penghasilan untuk beberapa saat.

Memulai usaha rumahan Anda sendiri bisa menjadi kaya, baik secara spiritual dan finansial. Bekerja keras, mintalah bantuan ketika Anda memerlukannya, dan jangan mengambil jalan pintas dan Anda akan perlahan-lahan tapi pasti menjadi sukses.

Ide Usaha Rumahan

Sekarang anda sudah tahu selain dibutuhkan keterampilan teknis, management dan mindset yang benar juga sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha sampingan kita. Sekarang kita mencari ide apa yang bisa kita lakukan untuk membuat usaha sampingan kita di rumah yang kira-kira sesuai dengan keahlian kita masing-masing. Berikut pilihan  usaha rumahan yang bisa Anda lakukan :

1. Web Desain

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang web design, HTML, CSS, PHP, dan bahasa komputer lainnya, Anda bisa bekerja sebagai karyawan untuk perusahaan, atau freelancer .

2. Penulis

Pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas besar dengan jenis tulisan dan publikasi yang dapat Anda pilih. Anda dapat menulis untuk pasar seperti majalah, atau fokus pada publikasi online dengan menulis newsletter dan e-Zines.

Penulis juga dapat membuat pendapatan mereka sendiri dengan menulis dan menjual e-buku online, membuat konten situs dengan berbagai iklan, afiliasi produk-produk dan banyak lagi. Anda dapat bekerja secara eksklusif untuk satu perusahaan atau freelance untuk banyak klien.

3. Desain Grafis

Desain grafis melibatkan penciptaan karya seni, seperti gambar digital, logo perusahaan dan situs web grafis, termasuk mencetak foto. Biasanya ini lebih banyak digunakan untuk perusahaan lokal, meskipun Anda masih memiliki banyak waktu untuk bekerja di rumah.

4. Transcription

Transcription dilakukan dengan mendengarkan file audio kemudian diketik ke dalam bentuk tertulis. Pada umumnya transcription dibagi dua yaitu  medis dan umum. Medical transcription memerlukan pelatihan lebih intensif karena Anda harus  mengetahui terminologi medis yang digunakan pada rekaman, yang sering digunakan oleh dokter dan profesional kesehatan lainnya. Transcription umum dapat mencakup berbagai jenis audio rekaman, seperti notulen rapat, seminar, teleseminars, dan wawancara.

5. Customer Service

Zaman kini sudah maju, dengan adanya internet  memungkinkan Anda untuk menjadi seorang customer service terhadap suatu perusahaan namun Anda tetap berada di rumah.

Tugas yang Anda terima bervariasi, tergantung masing-masing perusahaan, tapi pada umumnya Anda akan diberi pekerjaan sebagai penjawab panggilan telepon klien, memberikan layanan umum klien, menangani keluhan, masuk ke dalam sistem online perusahaan, dan sebagainya.

Ada banyak jenis usaha rumahan, tapi mungkin ini adalah yang paling umum. Namun, karena teknologi terus maju, kita akan melihat lebih banyak kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah di masa depan.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *